Jumat, 24 Mei 2013

SEO pertama kali di dunia



SEO atau biasa dikenal dengan sebutan Search Engine Optmization, pertama kali ditemukan pada sebuah pesan spam yang diposting di Usenet pada 26 Juli 1997.
Pada periode tersebut algoritma yang digunakan mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga sangat mudah untuk dimanipulasi. Versi awal algoritma pencarian Search Engine didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster pada meta tag di situs atau blog mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi para internet surfer yang mengharapkan sebuah informasi yang relevan dan berkualitas.
Teknik – teknik optimasi SEO sebenarnya bisa anda pelajari sendiri diantaranya melalui sebuah e-book berjudul “BLOG SUPER SEO PENGHASIL UANG“. Pada buku elektronik yang bisa anda dapatkan di http://blogsuperseo.com tersebut anda bisa mempelajari bagaimana cara membangun struktur sebuah blog menjadi sebuah blog super seo yang bukan hanya akan membawa para pencari dari search engine tapi juga bisa menghasilkan uang bagi anda pemilik blog tersebut.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari yang sepenuhnya mengandalkan algoritma matematis untuk memeringkat sebuah halaman web. Algoritma tersebut dinamakan Page Rank, yang merupakan nilai fungsi matematis yang kompleks hasil dari kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas bobot masing-masing link tersebut, dengan skala antara 1–10.
Berdasarkan prinsip kerja Page Rank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai Page Rank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki peringkat yang tinggi. Jadi nilai sebuah link dari situs terkenal seperti Adobe bernilai lebih besar daripada kombinasi nilai link dari seratus situs yang tak dikenal.
Backrub adalah cikal bakal berdirinya Google. Pada tahun 1998 Larry Page dan Sergey Brin mendirikan Google yang merupakan versi “dewasa” dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang relatif bersih (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. Page Rank  yang kemudian dikenal dengan sebutan Google Page Rank lalu menjadi sebuah sistem standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi web master yang berusaha agar situsnya memperoleh nilai Page Rank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian search engine.
Penulis : Aminudin (http://blogsuperseo.com)


Sumber: http://www.artikeloke.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar