Rabu, 24 Oktober 2012

windows vista 1

Windows Vista adalah sistem operasi yang dirilis dalam beberapa variasi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk rumah dan bisnis desktop, laptop, tablet PC, dan media center PC. Sebelum pengumuman pada 22 Juli 2005, Windows Vista dikenal dengan codename "Longhorn". Pembangunan selesai pada tanggal 8 November 2006, dan selama tiga bulan berikutnya, itu dirilis secara bertahap untuk hardware dan software komputer produsen, pelanggan bisnis dan saluran ritel. Pada tanggal 30 Januari 2007, itu dirilis di seluruh dunia dan dibuat tersedia untuk pembelian dan download dari situs Microsoft [6]. The peluncuran Windows Vista datang lebih dari lima tahun setelah pengenalan pendahulunya, Windows XP, terpanjang rentang waktu antara rilis berurutan dari desktop Microsoft sistem operasi Windows. Ia digantikan oleh Windows 7, yang dirilis untuk manufaktur pada tanggal 22 Juli 2009 dan dirilis di seluruh dunia untuk ritel pada tanggal 22 Oktober 2009.
Windows Vista berisi banyak perubahan dan fitur baru, termasuk antarmuka pengguna grafis diperbarui dan gaya visual dijuluki Aero, fungsi pencarian didesain ulang, alat multimedia termasuk Windows DVD Maker, dan jaringan didesain ulang, audio, cetak, dan menampilkan sub-sistem. Vista bertujuan untuk meningkatkan tingkat komunikasi antara mesin pada jaringan rumah, menggunakan peer-to-peer teknologi untuk mempermudah berbagi file dan media antara komputer dan perangkat. Windows Vista termasuk versi 3.0 dari Framework. NET, memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk menulis aplikasi tanpa API Windows tradisional.
Tujuan utama Microsoft menyatakan dengan Windows Vista adalah untuk memperbaiki keadaan keamanan di sistem operasi Windows.Salah satu kritik umum Windows XP dan pendahulunya adalah kerentanan keamanan umumnya dimanfaatkan mereka dan kerentanan keseluruhan untuk malware, virus dan buffer overflows. Dalam terang ini, Microsoft chairman Bill Gates mengumumkan pada awal tahun 2002 seluruh perusahaan "inisiatif Trustworthy Computing," yang bertujuan untuk menggabungkan keamanan ke dalam setiap aspek pengembangan perangkat lunak di perusahaan. Microsoft menyatakan bahwa prioritas meningkatkan keamanan Windows XP dan Windows Server 2003 di atas selesai Windows Vista, sehingga menunda penyelesaiannya. Meskipun kelemahan keamanan Windows Vista yang tetap, hacker membuat berbagai virus baru yang dilewati fitur keamanan yang.
Sementara fitur-fitur baru dan perbaikan keamanan telah mengumpulkan review positif, Vista juga menjadi sasaran banyak kritik dan tekan negatif. Kritik dari Windows Vista telah ditargetkan persyaratan sistem yang tinggi, istilah yang lebih ketat yang lisensi, dimasukkannya sejumlah hak baru teknologi manajemen digital yang bertujuan membatasi penyalinan media digital yang dilindungi, kurangnya kompatibilitas dengan beberapa hardware pra-Vista dan perangkat lunak, dan jumlah otorisasi meminta User Account Control. Sebagai akibat dari masalah ini dan lainnya, Windows Vista telah melihat adopsi awal dan tingkat kepuasan yang lebih rendah daripada Windows XP. [9] Namun, dengan 330 juta pengguna diperkirakan internet pada Januari 2009, itu telah diumumkan bahwa penggunaan Vista telah melampaui Microsoft pra-peluncuran dua tahun-out harapan mencapai 200 juta pengguna ] Pada peluncuran Windows 7 (Oktober 2009), Windows Vista (dengan sekitar 400 juta pengguna internet) adalah sistem operasi kedua yang paling banyak digunakan di Internet dengan pangsa pasar% sekitar 19, yang paling banyak digunakan menjadi Windows XP dengan pangsa pasar sekitar 63%. Pada Mei 2010, pangsa pasar Windows Vista memiliki rentang perkiraan dari 15% menjadi 26%. Pada Agustus 2012, pangsa pasar Vista adalah 8,11%.
 

Pengembangan Vista
Microsoft mulai bekerja pada Windows Vista, yang dikenal pada saat itu oleh codename Longhorn, pada Mei 2001, lima bulan sebelum rilis Windows XP. Itu awalnya diharapkan kapal kadang-kadang di akhir tahun 2003 sebagai langkah kecil antara Windows XP dan Blackcomb, yang direncanakan untuk selanjutnya operasi perusahaan rilis sistem utama. Secara bertahap, "Longhorn" berasimilasi banyak fitur baru yang penting dan teknologi dijadwalkan untuk Blackcomb, sehingga tanggal rilis didorong kembali beberapa kali. Banyak pengembang Microsoft juga kembali bertugas untuk membangun update ke Windows XP dan Windows Server 2003 untuk memperkuat keamanan. Dihadapkan dengan penundaan berlangsung dan kekhawatiran tentang fitur creep, Microsoft mengumumkan pada tanggal 27 Agustus 2004, bahwa mereka telah merevisi rencananya. The Longhorn asli, berdasarkan kode sumber Windows XP, dibatalkan, dan pengembangan Longhorn mulai lagi, membangun pada Windows Server 2003 Service Pack 1 codebase, dan kembali memasukkan hanya fitur yang akan ditujukan untuk rilis sistem operasi yang sebenarnya. Beberapa fitur yang sebelumnya diumumkan, seperti WinFS dijatuhkan atau ditunda, dan metodologi software baru pembangunan yang disebut Security Development Lifecycle didirikan dalam upaya untuk mengatasi masalah dengan keamanan basis kode Windows, yang diprogram dalam C, C + + dan Assembly.
Setelah Longhorn bernama Windows Vista pada bulan Juli 2005, program beta-test belum pernah terjadi sebelumnya dimulai, melibatkan ratusan ribu sukarelawan dan perusahaan. Pada bulan September tahun itu, Microsoft mulai merilis Komunitas rutin Technology Previews (CTP) untuk penguji beta. Yang pertama disalurkan pada Konferensi 2005 Professional Microsoft Developer, dan kemudian dirilis ke penguji beta dan Pengembang Microsoft pelanggan Jaringan. Para membangun yang diikuti dimasukkan sebagian besar fitur yang direncanakan untuk produk akhir, serta sejumlah perubahan untuk antarmuka pengguna, sebagian besar didasarkan pada umpan balik dari penguji beta. Windows Vista dianggap fitur-lengkap dengan rilis dari "Februari CTP", dirilis pada tanggal 22 Februari 2006, dan banyak dari sisa pekerjaan antara yang membangun dan rilis final dari produk difokuskan pada stabilitas, kinerja, aplikasi dan driver kompatibilitas, dan dokumentasi. Beta 2, dirilis pada akhir Mei, adalah yang pertama membangun harus dibuat tersedia untuk masyarakat umum melalui Program Preview Microsoft Pelanggan. Itu diunduh oleh lebih dari lima juta orang. Dua kandidat rilis diikuti pada bulan September dan Oktober, yang keduanya dibuat tersedia untuk sejumlah besar pengguna.


Sementara Microsoft awalnya berharap untuk memiliki versi konsumen dari sistem operasi yang tersedia di seluruh dunia pada saat Natal 2006, itu diumumkan pada bulan Maret 2006 bahwa tanggal rilis akan mendorong kembali ke Januari 2007, untuk memberikan perusahaan-dan hardware dan perangkat lunak perusahaan yang tergantung pada Microsoft untuk menyediakan perangkat driver-tambahan waktu untuk mempersiapkan. Pengembangan Windows Vista berakhir ketika Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah selesai pada tanggal 8 November 2006. 

 Baru atau berubah fiturArtikel utama: Fitur baru untuk Windows Vista
Windows Vista fitur dan fungsi yang dikembangkan tidak hadir dalam pendahulunya.End-userWindows Explorer di Windows Vista

    
Windows Aero: Antarmuka pengguna grafis baru bernama Windows Aero, yang Jim Allchin menyatakan adalah singkatan dari Authentic, Energetic, Reflective, dan Open Microsoft dimaksudkan antarmuka baru untuk menjadi lebih bersih dan lebih estetis dibandingkan Windows sebelumnya. versi, termasuk transparansi baru, thumbnail hidup, ikon hidup, dan animasi, sehingga memberikan tingkat baru eye candy.

 Pengguna Laptop melaporkan, bagaimanapun, bahwa memungkinkan umur baterai lebih pendek Aero. 

    
Windows Shell: Windows shell yang baru secara signifikan berbeda dari shell di Windows XP, menawarkan berbagai organisasi baru, navigasi, dan kemampuan pencarian. Pane tugas Windows Explorer telah dihapus, mengintegrasikan pilihan tugas yang relevan ke toolbar. Sebuah "Favorite links" pane telah ditambahkan, memungkinkan akses satu-klik ke direktori umum. Address bar telah digantikan dengan sistem navigasi breadcrumb. Jendela pratinjau memungkinkan pengguna untuk melihat thumbnail dari berbagai file dan melihat isi dari dokumen. Panel detail menampilkan informasi seperti ukuran file dan jenis, dan memungkinkan melihat dan mengedit dari tag tertanam dalam format file yang didukung. Menu Start telah berubah juga, tidak lagi menggunakan kotak terus berkembang ketika menavigasi melalui Program. Kata "Start" itu sendiri telah dihapus dalam mendukung Windows biru Pearl.
    
Instant Search (juga dikenal sebagai pencarian saat Anda mengetik): Windows Vista memiliki cara baru mencari Instant Search yang disebut, yang secara signifikan lebih cepat dan lebih mendalam (konten berbasis) daripada pencarian fitur ditemukan di salah satu dari versi sebelumnya Windows.
    
Windows Sidebar: Sebuah panel transparan berlabuh ke sisi layar di mana pengguna dapat menempatkan Desktop Gadget, applet kecil yang dirancang untuk tujuan khusus (seperti menampilkan cuaca atau skor olahraga). Gadget juga dapat ditempatkan pada bagian lain dari desktop.
    
Windows Internet Explorer 7: antarmuka pengguna baru, tab browsing, RSS, kotak pencarian, pencetakan ditingkatkan, Page Zoom, Quick Tabs (thumbnail dari semua tab yang terbuka), Anti-Phishing filter, sejumlah fitur perlindungan keamanan baru, Domain internasionalisasi dukungan Nama (IDN), dan web dukungan standar ditingkatkan. IE7 pada Windows Vista berjalan terpisah dari aplikasi lain dalam sistem operasi (modus dilindungi), eksploitasi dan perangkat lunak berbahaya yang dilarang menulis ke lokasi di luar Temporary Internet Files eksplisit tanpa izin pengguna.
Windows Media Player 11

    
Windows Media Player 11, merubah utama dari program Microsoft untuk memutar dan mengorganisir musik dan video. Fitur-fitur baru dalam versi ini termasuk kata wheeling (pencarian tambahan atau "cari saat Anda mengetik"), sebuah GUI baru untuk perpustakaan media, tampilan foto dan organisasi, kemampuan untuk berbagi perpustakaan musik melalui jaringan dengan mesin Windows Vista lainnya, Xbox 360 integrasi, dan dukungan untuk Extenders Media Center lainnya.
    
Backup dan Restore Center: Termasuk cadangan dan mengembalikan aplikasi yang memberikan pengguna kemampuan untuk menjadwalkan backup periodik file pada komputer mereka, serta pemulihan dari backup sebelumnya. Backup incremental, hanya menyimpan perubahan setiap waktu, meminimalkan penggunaan disk. Ini juga fitur Complete PC Backup (tersedia hanya di Bisnis, Ultimate, dan versi Enterprise), yang punggung seluruh komputer sebagai gambar ke hard disk atau DVD. Complete PC Backup dapat secara otomatis menciptakan setup mesin ke hardware baru atau hard disk jika terjadi kegagalan hardware. Kembalikan PC lengkap dapat dimulai dari dalam Windows Vista atau dari CD instalasi Windows Vista dalam acara PC sangat korup sehingga tidak bisa start up secara normal dari hard disk.
    
Windows Mail: Penggantian untuk Outlook Express yang mencakup sebuah toko e-mail baru yang meningkatkan stabilitas, [26] dan fitur terintegrasi Instant Search. Ini memiliki Filter Phishing seperti IE7 dan sampah penyaringan mail yang ditingkatkan melalui update reguler melalui Windows Update.
    
Windows Calendar adalah kalender baru dan aplikasi tugas.
    
Windows Photo Gallery, foto dan film aplikasi manajemen perpustakaan. Hal ini dapat mengimpor dari kamera digital, item tag dan tingkat individu, menyesuaikan warna dan eksposur, membuat dan menampilkan slideshow (dengan panci dan fade efek) dan membakar slideshow ke DVD.
    
Windows DVD Maker, sebuah program pendamping untuk Windows Movie Maker yang menyediakan kemampuan untuk membuat video DVD berdasarkan konten pengguna. Pengguna dapat merancang DVD dengan efek gerakan judul, menu, video, soundtrack, pan dan zoom pada gambar atau slide.
    
Windows Media Center, yang sebelumnya secara eksklusif dibundel dalam versi terpisah dari Windows XP, yang dikenal sebagai Windows XP Media Center Edition, telah dimasukkan ke dalam Home Premium dan Ultimate edisi Windows Vista.
    
Game dan Permainan Explorer: Game disertakan dengan Windows telah dimodifikasi untuk menampilkan grafis Vista kemampuan. Permainan baru Chess Titans (permainan Chess 3D), Mahjong Titans (3D Mahjong permainan) dan Tempat Purble (Sebuah koleksi kecil dari permainan, berorientasi terhadap anak-anak muda Termasuk:. Sebuah permainan yang cocok, permainan kue-pencipta, dan gaun-up permainan puzzle). Sebuah baru folder Permainan Explorer khusus berisi cara pintas dan informasi untuk semua game di komputer pengguna.
Windows Mobility Center.

    
Windows Mobility Center adalah panel kontrol yang centralizes informasi yang paling relevan yang terkait dengan komputasi mobile (brightness, suara, level baterai / daya skema seleksi, jaringan nirkabel, orientasi layar, pengaturan presentasi, dll).
    
Meeting Space jendela menggantikan NetMeeting. Pengguna dapat berbagi aplikasi (atau seluruh desktop mereka) dengan pengguna lain pada jaringan lokal, atau melalui Internet menggunakan peer-to-peer teknologi (versi lebih tinggi dari Starter dan Home Basic dapat memanfaatkan kemampuan hosting, edisi Starter dan Home Basic adalah terbatas untuk "bergabung" mode saja)
    
Shadow Copy secara otomatis membuat salinan backup harian dari file dan folder. Pengguna juga dapat membuat "salinan bayangan" dengan menetapkan Point Protection System menggunakan tab Protection System pada panel kontrol Sistem. Pengguna dapat disajikan beberapa versi file sepanjang sejarah terbatas dan diperbolehkan untuk memulihkan, menghapus, atau menyalin versi. Fitur ini hanya tersedia dalam Business, Enterprise, dan Ultimate edisi Windows Vista dan diwariskan dari Windows Server 2003.
Windows Update dengan Windows Ultimate Extras

    
Windows Update: Software dan update keamanan telah disederhanakan,  sekarang beroperasi hanya melalui kontrol panel, bukan sebagai aplikasi web. Windows Mail spam filter dan definisi Windows Defender ini akan diperbarui secara otomatis melalui Windows Update. Pengguna yang memilih pengaturan yang dianjurkan untuk Pembaharuan otomatis akan memiliki driver terbaru diinstal dan tersedia ketika mereka menambahkan perangkat baru.
    
Kontrol Parental: Memungkinkan administrator untuk mengontrol website, program dan permainan setiap pengguna Terbatas dapat menggunakan dan menginstal. Fitur ini tidak termasuk dalam edisi Bisnis atau Vista Enterprise.
    
Windows SideShow: Mengaktifkan menampilkan tambahan pada laptop baru atau didukung Seluler perangkat Windows. Hal ini dimaksudkan untuk digunakan untuk menampilkan gadget perangkat saat komputer aktif atau nonaktif.
    
Pengenalan suara terintegrasi ke Vista. Ini fitur user interface didesain ulang dan dikonfigurasi command-and-control perintah. Berbeda dengan versi Office 2003, yang hanya bekerja di Kantor dan WordPad, Speech Recognition dalam Windows Vista bekerja untuk setiap aplikasi yang diakses. Selain itu, saat ini mendukung beberapa bahasa: Inggris dan Amerika Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Cina (Tradisional dan Modern) dan Jepang.
    
New font, termasuk beberapa yang dirancang untuk membaca layar, dan perbaikan (Malgun) Cina (Yahei, JhengHei), Jepang (Meiryo), dan Korea font. ClearType juga telah ditingkatkan dan diaktifkan secara default.
    
Peningkatan kontrol audio memungkinkan volume sistem-lebar atau volume perangkat audio individu dan aplikasi bahkan individu harus dikontrol secara terpisah. Fungsi audio baru seperti Koreksi Room, Manajemen Bass, Speaker Isi dan virtualisasi Headphone juga telah dimasukkan.
    
Soal Laporan dan Solusi, sebuah panel kontrol yang memungkinkan pengguna untuk melihat masalah yang sebelumnya dikirim dan solusi atau informasi tambahan yang tersedia.
    
Sistem Windows Assessment Tool adalah alat yang digunakan untuk patokan kinerja sistem. Software seperti game dapat mengambil Peringkat ini dan mengubah perilaku sendiri saat runtime untuk meningkatkan kinerja. CPU tes benchmark, RAM, 2-D dan 3-D grafis akselerasi, memori grafis dan ruang hard disk.


    
Windows Ultimate Extras: Edisi Ultimate Windows Vista menyediakan, melalui Windows Update, akses ke beberapa fitur tambahan. Ini adalah kumpulan paket bahasa MUI tambahan, Texas Hold 'Em (permainan poker) dan Microsoft Tinker (strategi permainan di mana karakter adalah robot), BitLocker dan EFS perangkat tambahan yang memungkinkan pengguna untuk membuat cadangan kunci enkripsi mereka secara online dalam Digital Locker, dan Windows Dreamscene, yang memungkinkan penggunaan video dalam MPEG dan format WMV sebagai latar belakang desktop. Pada tanggal 21 April 2008, Microsoft meluncurkan dua Ultimate Ekstra lebih, tiga skema baru Windows suara, dan sebuah paket konten untuk Dreamscene. Berbagai Paket Konten DreamScene telah dirilis sejak versi final DreamScene dirilis.
    
Kehandalan dan Monitor Kinerja mencakup berbagai peralatan untuk kegiatan tuning dan pemantauan kinerja sistem dan sumber daya CPU, disk, jaringan, memori dan sumber daya lainnya. Ini menunjukkan operasi pada file, koneksi dibuka, dll
    
Manajemen Disk: The Disk Manager Logical di Windows Vista mendukung volume menyusut dan memperluas on-the-fly.
    
Windows Anytime Upgrade: adalah sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade komputer mereka menjalankan Vista ke edisi yang lebih tinggi. Sebagai contoh, komputer yang menjalankan Windows Vista Home Basic dapat upgrade ke Home Premium atau lebih baik. Keuntungan menggunakan Anytime Upgrade adalah bahwa program dan data tidak dihapus, hanya menginstal fitur tambahan dari edisi yang Anda upgrade ke, dan harga kurang untuk meng-upgrade daripada mengganti instalasi Windows Anda dengan edisi yang Anda ingin meng-upgrade ke. Anytime Upgrade tidak lagi tersedia untuk Vista.
IntiBagian ini membutuhkan tambahan kutipan untuk verifikasi. (Desember 2007)Artikel utama: fitur teknis baru untuk Windows Vista
Windows Vista dimaksudkan untuk menjadi rilis berbasis teknologi, untuk menyediakan dasar untuk menyertakan teknologi canggih, banyak yang terkait dengan bagaimana fungsi sistem dan dengan demikian tidak mudah terlihat oleh pengguna. Contohnya adalah restrukturisasi lengkap dari arsitektur audio, print, tampilan, dan subsistem jaringan, walaupun hasil dari pekerjaan ini yang terlihat untuk pengembang perangkat lunak, pengguna akhir hanya akan melihat apa yang tampak sebagai perubahan evolusioner dalam antarmuka pengguna.
Vista termasuk teknologi seperti ReadyBoost dan ReadyDrive, yang menggunakan memori cepat flash (terletak pada drive USB dan hybrid hard disk drive) untuk meningkatkan kinerja sistem dengan caching program yang umum digunakan dan data. Hal ini memanifestasikan dirinya dalam hidup baterai pada komputer notebook juga, karena drive hybrid dapat berputar turun bila tidak digunakan. Lain teknologi baru yang disebut SuperFetch menggunakan teknik mesin belajar untuk menganalisis pola penggunaan untuk memungkinkan Windows Vista untuk membuat keputusan cerdas tentang apa konten harus hadir dalam memori sistem pada waktu tertentu. Ia menggunakan hampir semua RAM tambahan sebagai cache disk. Dalam hubungannya dengan SuperFetch, yang otomatis built-in Disk Defragmenter Windows membuat yakin bahwa aplikasi tersebut secara strategis diposisikan pada hard disk di mana mereka dapat dimuat ke memori yang sangat cepat dengan sedikitnya jumlah gerakan fisik read-write hard disk kepala.
Sebagai bagian dari desain ulang dari arsitektur jaringan, IPv6 telah sepenuhnya dimasukkan ke dalam sistem operasi dan sejumlah perbaikan kinerja telah diperkenalkan, seperti skala jendela TCP. Windows versi sebelumnya biasanya diperlukan perangkat lunak pihak ketiga jaringan nirkabel untuk bekerja dengan baik, tapi ini tidak terjadi dengan Vista, yang meliputi dukungan nirkabel jaringan yang lebih komprehensif.
Untuk grafis, Vista memperkenalkan Windows Model Tampilan baru Driver dan revisi utama untuk Direct3D. Model driver baru memfasilitasi Window Manager Desktop baru, yang menyediakan merobek bebas efek desktop dan khusus yang merupakan landasan dari Windows Aero. 10 Direct3D, dikembangkan bersama dengan produsen kartu grafis utama, adalah arsitektur baru dengan dukungan shader lebih maju, dan memungkinkan unit pengolahan grafis untuk membuat adegan yang lebih kompleks tanpa bantuan dari CPU. Ini fitur load balancing ditingkatkan antara CPU dan GPU dan juga mengoptimalkan transfer data antara mereka. WDDM juga menyediakan pemutaran video konten yang saingan konsumen perangkat elektronik yang khas. Hal ini dilakukan dengan membuatnya mudah untuk terhubung ke monitor eksternal, menyediakan untuk pemutaran video HD dilindungi dan meningkatkan kualitas video playback secara keseluruhan. Untuk pertama kalinya di Windows, graphics processing unit (GPU) multitasking adalah mungkin, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan lebih dari satu GPU-intensif aplikasi secara bersamaan.
Pada inti dari sistem operasi, banyak perbaikan yang telah dibuat kepada manajer memori, proses scheduler dan I / O scheduler. Manajer Heap mengimplementasikan fitur tambahan seperti memeriksa integritas dalam rangka meningkatkan ketahanan dan membela terhadap eksploitasi keamanan buffer overflow, meskipun ini datang dengan harga melanggar kompatibilitas dengan beberapa aplikasi warisan. Sebuah Manajer Transaksi Kernel. Telah dilaksanakan yang memungkinkan aplikasi untuk bekerja dengan sistem file dan Registry menggunakan operasi transaksi atom.Keamanan-terkaitBagian ini membutuhkan tambahan kutipan untuk verifikasi. (Desember 2007)Sebuah User Account Control persetujuan dialog, menunjukkan administrator, Alex 

Peningkatan keamanan adalah tujuan desain utama untuk Vista.Trustworthy Computing Microsoft inisiatif, yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik dalam produk-produknya, telah memberikan pengaruh langsung terhadap perkembangannya. Upaya ini telah menghasilkan sejumlah keamanan baru dan fitur keselamatan.
User Account Control, atau UAC mungkin yang paling signifikan dan terlihat dari perubahan ini. UAC adalah teknologi keamanan yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan komputer mereka dengan hak sedikit secara default, dengan maksud untuk menghentikan malware dari membuat perubahan tidak sah terhadap sistem. Ini sering sulit dalam versi Windows sebelumnya, seperti sebelumnya "terbatas" account pengguna terbukti terlalu ketat dan tidak kompatibel dengan sebagian besar perangkat lunak aplikasi, dan bahkan mencegah beberapa operasi dasar seperti melihat kalender dari tray pemberitahuan. Pada Windows Vista, bila tindakan dilakukan yang membutuhkan hak administratif (seperti menginstal / menguninstall perangkat lunak atau membuat perubahan di seluruh sistem konfigurasi), pengguna pertama kali diminta untuk nama administrator dan password, dalam kasus di mana pengguna sudah administrator , pengguna masih diminta untuk mengkonfirmasi tindakan istimewa pending. Biasa menggunakan komputer seperti menjalankan program, mencetak, atau berselancar di Internet tidak memicu UAC prompt. User Account Control meminta mandat dalam mode Desktop Aman, di mana seluruh layar redup, dan hanya jendela otorisasi aktif dan disorot. Tujuannya adalah untuk menghentikan program berbahaya menyesatkan pengguna dengan mengganggu jendela otorisasi, dan petunjuk untuk pengguna pentingnya prompt.
Pengujian oleh Symantec Corporation telah membuktikan efektivitas UAC. Symantec digunakan lebih dari 2.000 sampel malware yang aktif, yang terdiri dari backdoors, keyloggers, rootkit, mailer massa, kuda trojan, spyware, adware, dan contoh lainnya. Masing-masing dilaksanakan pada instalasi default Windows Vista dalam akun user biasa. UAC efektif diblokir lebih dari 50 persen dari setiap ancaman, termasuk rootkits. 5 persen atau kurang dari malware yang lolos dari UAC selamat reboot.
Keamanan baru Internet Explorer 7 dan fitur keamanan termasuk filter phishing, IDN dengan anti-spoofing kemampuan, dan integrasi dengan seluruh sistem kontrol orangtua. Untuk keamanan tambahan, kontrol ActiveX dinonaktifkan secara default. Juga, Internet Explorer beroperasi dalam modus terproteksi, yang beroperasi dengan izin yang lebih rendah dari pengguna dan berjalan secara terpisah dari aplikasi lain dalam sistem operasi, mencegah dari mengakses atau memodifikasi apa-apa selain direktori Temporary Internet Files. Microsoft anti- spyware produk, Windows Defender, telah dimasukkan ke dalam Windows, memberikan perlindungan terhadap malware dan ancaman lainnya. Perubahan pada pengaturan konfigurasi berbagai sistem (seperti baru auto-memulai aplikasi) yang diblokir kecuali jika pengguna memberikan persetujuan.
Sedangkan rilis sebelumnya dari Windows didukung per-file enkripsi menggunakan Encrypting File System, Enterprise dan Ultimate edisi Vista termasuk BitLocker Drive Encryption, yang dapat melindungi volume keseluruhan, terutama volume sistem operasi. Namun, BitLocker membutuhkan kira-kira 1,5 partisi-gigabyte secara permanen tidak dienkripsi dan mengandung file sistem agar Windows untuk boot. Dalam keadaan normal, satu-satunya waktu partisi ini diakses adalah ketika komputer booting, atau ketika ada update Windows yang mengubah file di daerah ini, yang merupakan alasan yang sah untuk mengakses bagian drive. Daerah dapat menjadi isu keamanan potensial, karena editor heksadesimal (seperti Dskprobe.exe), atau perangkat lunak berbahaya berjalan dengan administrator dan / atau hak kernel tingkat akan mampu menulis ini "Partition Ghost" dan memungkinkan sepotong berbahaya software untuk kompromi sistem, atau menonaktifkan enkripsi. BitLocker dapat bekerja sama dengan Trusted Platform Module (TPM) cryptoprocessor (versi 1.2) tertanam dalam motherboard komputer, atau dengan kunci USB .Namun., Seperti dengan teknologi enkripsi disk penuh, BitLocker rentan terhadap cold boot serangan, terutama di mana TPM digunakan sebagai pelindung kunci tanpa PIN booting yang diperlukan juga.
Berbagai keistimewaan lain-pembatasan teknik juga dibangun ke Vista. Contohnya adalah konsep "tingkat integritas" dalam proses pengguna, dimana suatu proses dengan tingkat integritas yang lebih rendah tidak dapat berinteraksi dengan proses tingkat integritas tinggi dan tidak dapat melakukan DLL injection ke proses dari tingkat integritas tinggi. Pembatasan keamanan dari layanan Windows yang lebih halus, sehingga jasa (terutama yang mendengarkan pada jaringan) tidak memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan bagian-bagian dari sistem operasi mereka tidak perlu. Obfuscation teknik seperti ruang alamat pengacakan tata letak yang digunakan untuk meningkatkan jumlah usaha yang diperlukan dari malware sebelum infiltrasi sukses dari suatu sistem. Integritas kode binari memverifikasi bahwa sistem belum dirusak oleh kode berbahaya.
Sebagai bagian dari desain ulang jaringan stack, Windows Firewall telah ditingkatkan, dengan dukungan baru untuk menyaring lalu lintas masuk dan keluar. Lanjutan filter paket aturan dapat dibuat yang dapat memberikan atau menolak komunikasi untuk layanan tertentu.
64-bit versi Vista mengharuskan semua driver perangkat ditandatangani secara digital, sehingga pencipta pengemudi dapat diidentifikasi.Sistem manajemenArtikel utama: Manajemen fitur baru untuk Windows Vista
Sementara banyak fokus kemampuan baru Vista telah menyoroti antarmuka pengguna baru, teknologi keamanan, dan perbaikan sistem operasi inti, Microsoft juga menambahkan penyebaran baru dan fitur pemeliharaan:

    
Format Windows Imaging (WIM) menyediakan landasan penyebaran baru Microsoft dan sistem kemasan. File WIM, yang berisi gambar HAL-independen dari Windows Vista, dapat dipertahankan dan ditambal tanpa harus membangun kembali gambar baru. Gambar Windows dapat disampaikan melalui Server Manajemen Sistem atau teknologi Desktop Bisnis Deployment. Gambar dapat disesuaikan dan dikonfigurasi dengan aplikasi kemudian dikerahkan untuk komputer klien perusahaan pribadi menggunakan sedikit sentuhan tidak oleh administrator sistem. ImageX adalah alat Microsoft yang digunakan untuk membuat dan menyesuaikan gambar.
    
Windows Deployment Layanan menggantikan Jasa Instalasi Remote untuk menyebarkan Vista dan versi sebelumnya dari Windows.
    
Sekitar 700 pengaturan Grup Kebijakan baru telah ditambahkan, yang mencakup sebagian besar aspek fitur-fitur baru dalam sistem operasi, serta secara signifikan memperluas configurability jaringan nirkabel, perangkat penyimpanan yang dapat dilepas, dan pengalaman pengguna desktop. Vista juga memperkenalkan format XML-based (ADMX) untuk menampilkan registry berbasis pengaturan kebijakan, sehingga lebih mudah untuk mengelola jaringan yang menjangkau lokasi geografis dan bahasa yang berbeda.
    
Layanan untuk UNIX telah berganti nama menjadi "Subsistem untuk UNIX berbasis Aplikasi," dan disertakan dengan edisi Enterprise dan Ultimate dari Vista. Network File System (NFS) dukungan klien juga disertakan.
    
User Interface-Tidak seperti multibahasa versi Windows sebelumnya (yang diperlukan pemuatan paket bahasa untuk memberikan dukungan bahasa lokal), Windows Vista Ultimate dan Enterprise edisi mendukung kemampuan untuk secara dinamis mengubah bahasa berdasarkan preferensi pengguna log-on ini.
    
Wireless Projector dukungan
Pembangun
Windows Vista termasuk sejumlah besar antarmuka pemrograman aplikasi baru. Kepala di antara mereka adalah dimasukkannya versi 3.0 dari NET Framework,. Yang terdiri dari perpustakaan kelas dan Common Language Runtime dan OS / 2 lingkungan seperti pendahulunya NT. Versi 3.0 mencakup empat komponen utama baru.

    
Windows Presentation Foundation adalah antarmuka pengguna grafis subsistem dan kerangka kerja berbasis vektor, yang menggunakan 3D hardware komputer grafis dan teknologi Direct3D. Ini menyediakan fondasi untuk membangun aplikasi dan pencampuran bersama-sama UI aplikasi, dokumen, dan konten media. Ini adalah penerus Windows Forms.
    
Windows Communication Foundation adalah berorientasi layanan pesan subsistem yang memungkinkan aplikasi dan sistem untuk beroperasi secara lokal atau jarak jauh menggunakan layanan Web.
    
Windows Workflow Foundation menyediakan otomatisasi tugas dan transaksi yang terintegrasi dengan menggunakan alur kerja. Ini adalah model pemrograman, mesin dan alat-alat untuk membangun alur kerja-enabled aplikasi pada Windows.
    
Windows CardSpace adalah komponen yang aman menyimpan identitas digital dari seseorang, dan menyediakan antarmuka yang seragam untuk memilih identitas untuk transaksi tertentu, seperti masuk ke sebuah website.
Teknologi ini juga tersedia untuk Windows XP dan Windows Server 2003 untuk memfasilitasi pengenalan mereka ke dan penggunaan oleh pengembang dan pengguna akhir.
Ada juga signifikan pengembangan API baru dalam inti dari sistem operasi, terutama cetak sepenuhnya dirancang ulang audio, jaringan, dan antarmuka video, perubahan besar pada infrastruktur keamanan, perbaikan penyebaran dan instalasi aplikasi ("ClickOnce" dan Windows Installer 4.0), driver perangkat baru pengembangan model ("Windows Driver Foundation"), NTFS Transaksional, mobile computing API kemajuan (manajemen daya, Tablet PC dukungan Ink, SideShow) dan update utama (atau penggantian lengkap) subsistem inti banyak seperti Winlogon dan CAPI.
Ada beberapa isu untuk pengembang perangkat lunak menggunakan beberapa API grafis di Vista. Permainan atau program dibangun semata-mata pada versi Vista-eksklusif Windows DirectX, versi 10, tidak bisa bekerja pada versi sebelumnya dari Windows, seperti DirectX 10 tidak tersedia untuk versi Windows sebelumnya. Juga, permainan yang memerlukan fitur D3D9Ex, pelaksanaan terbaru dari DirectX 9 di Windows Vista juga kompatibel dengan versi Windows sebelumnya Menurut blog Microsoft, ada tiga pilihan untuk implementasi OpenGL pada Vista. Sebuah aplikasi dapat menggunakan implementasi standar, yang diterjemahkan OpenGL panggilan ke API Direct3D dan dibekukan pada OpenGL versi 1.4, atau aplikasi dapat menggunakan sebuah Driver Installable Client (ICD), yang datang dalam dua rasa: legacy dan Vista-kompatibel. Sebuah ICD warisan Menonaktifkan Window Manager Desktop, Vista-kompatibel ICD mengambil keuntungan dari API baru, dan sepenuhnya kompatibel dengan Window Manager Desktop. Setidaknya dua vendor utama, ATI dan NVIDIA disediakan penuh Vista-kompatibel ICDs. Namun, overlay hardware tidak didukung, karena dianggap sebagai fitur usang di Vista. ATI dan NVIDIA sangat menyarankan menggunakan compositing desktop / Framebuffer Objects untuk fungsi yang sama.Instalasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar